Menu

Mode Gelap
 

Artikel · 10 Apr 2021 06:06 WIB ·

Sufi dan Tasawuf itu Apa, sih?


 Khalifah Perbesar

Khalifah

JIGANG.ID – Sufi dan tasawuf itu apa? Ketika Habib Abdullah ditanya sufi itu siapa? Beliau menjawab sufi itu orang yang bersih jiwanya dari kotoran, hatinya penuh dengan pelajaran, ia tidak butuh terhadap manusia dan sama baginya antara emas dan tanah (i’lamul muhibbin, h. 3)

Jiwa yang bersih dari kotoran maksudnya tidak ada sama sekali hal-hal yang bisa mengotori jiwanya dari sifat-sifat tercela, seperti hasut, dengki, iri, sombong, dll.

Dua hal antara tasawuf merupakan satu kesatuan dengan kata shufi. Laku sufi adalah orang yang menjalankan kehidupan islam sesuai dengan dasar-dasar ajaran tasawuf. Biasanya tasawuf memerlukan guru atau bimbingan.

Hati yang penuh dengan pelajaran maksudnya setiap pengetahuan tentang agama, ia memahami dengan baik dan penuh dengan kesadaran untuk melakukannya dan mempraktikkannya.

Selain itu, sufi adalah orang yang tidak butuh manusia, artinya cukup baginya adalah Allah subhanahu wa ta’ala. Hal ini, bukan berarti ia tidak berhubungan dengan manusia, melainkan orang-orang yang berhubungan dengan sufi, hal tersebut tidak mengubah sama sekali hubungannya dengan Allah.

Terakhir, emas dan tanah adalah sama, tidak ada perbedaan sama sekali.

Artinya semua benda-benda di dunia bagi seorang sufi adalah sama nilainya, tidak ada perbedaan sama sekali, sebab semua hal yang ada di dunia ini adalah; hanyalah makhluk. Tidak penting baginya makhluk, sebab hati dan pikirannya adalah fokus kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Beberapa ulama sufi memang mempunyai pendapat yang berbeda-beda tentang definisi sufi dan tasawuf, namun dapat kita simpulkan sebenarnya, bahwa sufi dan tasawuf sebenarnya adalah membahas tentang akhlak. Baik akhlak kepada Allah, maupun akhlak kepada sesama manusia.

Jadi, sufi adalah orang yang menjalankan laku tasawuf dalam kehidupan sehari-hari menjalani keberagamaan islam.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Abu Hasyim As-Shufi, Orang Pertama Bergelar Sufi

22 Oktober 2021 - 19:50 WIB

Sahabat Nabi Muhammad

Abdullah bin Umar Periwayat Hadis Terbanyak Setelah Abu Hurairah

20 Oktober 2021 - 06:15 WIB

Sahabat Nabi Muhammad

6 Syarat Sah Melaksanakan Shalat Jumat

18 Oktober 2021 - 07:05 WIB

Sejarah Maulid Nabi

Asbabun Nuzul Surat al-Kahfi atau Sebab Turunnya Surat al-Kahfi

15 Oktober 2021 - 08:47 WIB

Asmaul husna

7 Keutamaan Surat al-Kahfi Saat Dibaca di Hari Jumat

14 Oktober 2021 - 22:35 WIB

Tradisi Maulid Nabi di Berbagai Daerah di Indonesia

9 Oktober 2021 - 18:33 WIB

Sejarah Maulid Nabi
Trending di Artikel