Menu

Mode Gelap
 

Akidah · 22 Nov 2020 15:27 WIB ·

Rukun Islam Ada Lima, Jangan Sampai Lupa


 Rukun Islam Ada Lima, Jangan Sampai Lupa Perbesar

Berapa Rukun Islam?

Sebagaimana yang sudah disinggung di paragraf sebelumnya, bahwa rukun islam ada 5 itu diambil dari hadis Rasulullah. Lalu dari hadis tersebut para ulama berijtihad bahwa hal tersebut dinamai rukun islam.Rukun Islam 5 tersebut adalah:

1. Membaca Syahadat

Syahadat adalah sebuah ucapan kesaksian yang diiringi dengan kemantapan hati bahwa tiada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Lafal syahadat adalah sebagai berikut:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ

Makna Laa Ilaaha Illallaah. Makna dari kalimat لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ (laa ilaaha illallaah) adalah لاَ مَعْبُوْدَ بِحَقٍّ إِلاَّ اللهُ (laa ma’buda bi haqqin ilallaah), tidak ada ilah (sesembahan) yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala .

Semua sesembahan yang disembah oleh manusia berupa malaikat, jin, manusia, matahari, bulan, bintang, kubur, pohon, batu, kayu dan lainnya, semuanya merupakan sesembahan yang batil, tidak bisa memberikan manfaat dan tidak dapat menolak bahaya.

2. Mendirikan Salat

Nabi bersabda bahwa “Salat adalah tiang agama, barang siapa yang mendirikan salat maka ia sedang mengokohkan agama, barang siapa yang meninggalkan salat maka ia sedang merobohkan agama”

Pentingnya salat di dalam Islam tidak bisa diganti dengan apapun, tidak ada satupun alasan yang membenarkan seseorang boleh meninggalkan salat, baik dalam keadaan sakit sekalipun.

Jika tidak mampu berdiri, maka dengan duduk, tidak bisa duduk, maka dengan berbaring miring, jika tidak bisa maka boleh dengan berbaring, hingga ia tidak bisa melakukan apa-apa kecuali dengan isyarat, maka salat dengan memakai isyarat pun harus dilakukan.

3. Menunaikan Zakat

Rukun islam yang ke tiga adalah zakat. Zakat artinya menyucikan harta. Pada hakikatnya setiap harta yang dimiliki terkadang bercampur dengan adanya sesuatu yang syubhat. Zakat adalah bagian dari mengeluarkan sisa-sisa kotoran tersebut.

Hal ini sudah diatur oleh para ulama berdasarkan alquran, hadis dan pendapat para sahabat.

4. Melakukan Puasa Ramadhan

Rukun Islam yang keempat adalah puasa di bulan ramadhan. Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Semua umat Islam diwajibkan untuk berpuasa kecuali bagi orang yang melakukan perjalanan, sakit dan manula yang sudah tidak kuat untuk melakukannya. Namun dengan ketentuan-ketentuan dan konsukensi yang harus dilakukan setelah selesai ramadhan.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Plagiasi dalam Sejarah Islam Kisah tentang as-Suyuthi

30 Oktober 2021 - 06:59 WIB

maulid

Abdullah bin Umar Periwayat Hadis Terbanyak Setelah Abu Hurairah

20 Oktober 2021 - 06:15 WIB

Sahabat Nabi Muhammad

6 Syarat Sah Melaksanakan Shalat Jumat

18 Oktober 2021 - 07:05 WIB

Sejarah Maulid Nabi

Asbabun Nuzul Surat al-Kahfi atau Sebab Turunnya Surat al-Kahfi

15 Oktober 2021 - 08:47 WIB

Asmaul husna

7 Keutamaan Surat al-Kahfi Saat Dibaca di Hari Jumat

14 Oktober 2021 - 22:35 WIB

Tradisi Maulid Nabi di Berbagai Daerah di Indonesia

9 Oktober 2021 - 18:33 WIB

Sejarah Maulid Nabi
Trending di Artikel