Menu

Mode Gelap
 

Akidah · 17 Agu 2021 00:55 WIB ·

Perbandingan Konsep Ketuhanan Mazhab Asyariyah dan Mu’tazilah


 Perbandingan Konsep Ketuhanan Mazhab Asyariyah dan Mu’tazilah Perbesar

Tauhid ad-Dzat

Bermakna bahwa Allah SWT Esa dalam Dzat Nya dan tidak menyerupai sesuatu apapun selain-Nya. Hujjah untuk ini adalah surah al-Syu’ara (11) dan surah al-Ikhlas (4) dan dilanjutkan penalaran rasional bahwa keserupaan Allah dengan makhuk akan memiliki konskuensi kebaharuan dan kebutuhan terhadap pencipta atau berkonskuensi bahwa dahulunya makhluk yang menyerupaiNya.

Singkatnya, tauhid Dzat adalah mengesakan Allah SWT, dalam Dzat Nya tidak tersusun elemen-elemen, internal maupun eksternal, dan tidak ada yang menyamai dan menyerupa Dzat Nya.

Tauhid al-Shifat

Sifat ketuhanan adalah sebagaimana yang dalam al-Qur’an dan Hadis yang afirmasi terhadapnya sama sekali tidak mennimbulkan penyerupaan/tsybih karena sifat Nya tidak seperti sifat makhluk, sifat-sifat ini bukanlah sifat yang baru atau menyerupai sifat yang baru karena yang demikian akan berkonskuensi ketiadaan sifat itu sebelum ia ada, yang mengeluarkannya dari ketuhanan.

Imam al-Asy’ari menegaskan “menyifati Allah SWT dengan sifat yang diatribusikan oleh Nya dan Utusan Nya, tanpa penentangan, ttanpa penggambaran dan bahwa beriman kepada Nya adalah wajib dan meninggalkan penggambaran adalah kehaarusan”

Tauhid al- Af’al

Memberi pengertian bahwa yang pencipta segala sesuatu adalah Allah dan bahwa perbuatan makhluk diciptakan oleh Nya. Dalam penafsiran surah al-buruj (16) dengan menekakan bahwa Allah adalah yang mencipta seluruh perbuatan hamba dan seluruh peristiwa alam. Penekanan dalam tauhid ini adalah kemutlakan kekuasaan Allah SWT sehingga Dialah satu-satunya yang menciptakan segala peristiwa alam”

Dari uraian tersebut, dapat disimpilkan bahwa tauhid dalam pandangan Imam Al-Asy’ari bermakna mengesakan Allah dalam dzat, sifat, dan perbuatan Nya. Hal itu berarti bahwa Allah adalah yang maha Esa dalam berbagai dimensi dari ketiga aspek tadi.

Baca Juga Lima Pokok Ajaran Abu Hasan al-Asyari

Itu adalah 3 hal konsep ketuhanan dari Asyariyah, selanjutnya pembahasan tentang konsep ketuhanan mazhab Mu’tazilah

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Plagiasi dalam Sejarah Islam Kisah tentang as-Suyuthi

30 Oktober 2021 - 06:59 WIB

maulid

Abdullah bin Umar Periwayat Hadis Terbanyak Setelah Abu Hurairah

20 Oktober 2021 - 06:15 WIB

Sahabat Nabi Muhammad

6 Syarat Sah Melaksanakan Shalat Jumat

18 Oktober 2021 - 07:05 WIB

Sejarah Maulid Nabi

Asbabun Nuzul Surat al-Kahfi atau Sebab Turunnya Surat al-Kahfi

15 Oktober 2021 - 08:47 WIB

Asmaul husna

7 Keutamaan Surat al-Kahfi Saat Dibaca di Hari Jumat

14 Oktober 2021 - 22:35 WIB

Tradisi Maulid Nabi di Berbagai Daerah di Indonesia

9 Oktober 2021 - 18:33 WIB

Sejarah Maulid Nabi
Trending di Artikel