Menu

Mode Gelap
 

Artikel · 27 Okt 2019 01:09 WIB ·

Imam Mazhab Fikih dan Pengikutnya di Berbagai Negara di Dunia


 maulid Perbesar

maulid

JIGANG.ID – Mazhab Fikih. Kata “Mazhab” berasal dari bahasa Arab yang berarti jalan yang dilalui atau dilewati. Menurut para ulama dan ahli agama Islam, yang dinamakan mazhab adalah metode yang dibentuk setelah melalui pemikiran dan penelitian, kemudian orang yang menjalaninya menjadikannya sebagai pedoman yang jelas bagian dan batasannya serta dibangun atas dasar prinsip dan kaidah.

Ahlussunnah wal Jama’ah berhaluan salah satu Mazhab yang empat. Seluruh umat Islam di dunia dan para ulamanya telah mengakui bahwa Imam yang empat ialah Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Syafi’i dan Imam Ahmad Ibnu Hambal yang merupakan kelanjutan dan intisari dari fiqih yang dianut oleh para sahabat, tabi’in dan tabi’it tabi’in dan telah memenuhi persyaratan sebagai Mujtahid.

Hal itu dikarenakan ilmu, amal dan akhlak yang dimiliki oleh mereka. Maka ahli fiqih memfatwakan bagi umat Islam wajib mengikuti salah satu mazhab yang empat tersebut.

Imam Hanafi
Abu Hanifah lahir di Kufah tahun 80 H dan wafat pada 767 masehi. Beliau ialah ahli fiqih Irak dan merupakan orang Persia asli. Sebelum berguru kepada ulama, Abu Hanifah adalah seorang pedagang karena ayahnya juga merupakan seorang pedagang. Oleh karena itu, profesi perdagangan itulah yang membuatnya mahir dalam membuat kaidah-kaidah fiqih yang terkait dengan perdagangan berdasarkan dalil-dalil agama yang kuat.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Abdullah bin Umar Periwayat Hadis Terbanyak Setelah Abu Hurairah

20 Oktober 2021 - 06:15 WIB

Sahabat Nabi Muhammad

Niat Sholat 5 Waktu Lengkap dengan Artinya

19 Oktober 2021 - 13:51 WIB

Sholat wajib

6 Syarat Sah Melaksanakan Shalat Jumat

18 Oktober 2021 - 07:05 WIB

Sejarah Maulid Nabi

Perbedaan Syarat dan Rukun dalam Ibadah

17 Oktober 2021 - 07:11 WIB

Dalil Maulid Nabi

Asbabun Nuzul Surat al-Kahfi atau Sebab Turunnya Surat al-Kahfi

15 Oktober 2021 - 08:47 WIB

Asmaul husna

7 Keutamaan Surat al-Kahfi Saat Dibaca di Hari Jumat

14 Oktober 2021 - 22:35 WIB

Trending di Amalan