Menu

Mode Gelap
 

Dagang · 10 Jul 2021 10:30 WIB ·

Cara Mudah Kirim Paket COD atau Bayar di Tempat PT. POS Indonesia


 Cara Mudah Kirim Paket COD atau Bayar di Tempat PT. POS Indonesia Perbesar

JIGANG.ID – Halo, Kang-kang dan Mbak-mbak Olshoper atau siapapun teman-teman di sini yang memiliki toko online sendiri, mungkin kalian bingung bagaimana cara mengirim paket dengan bayar di tempat atau COD seperti di lokapasr shoppe atau tokopedia.

Sebenarnya sudah banyak ekspedisi-ekspedisi yang memiliki layanan bayar di tempat atau COD namun layanan tersebut harus menggunakan marketplace seperti shoppe atau tokopedia.

Ada salah satu ekspedisi milik negara yang memiliki layanan pengiriman paket dengan bayar di tempat atau COD tanpa harus menggunakan shoppe atau tokopedia, yaitu PT Pos Indonesia.

Cara itu sebenarnya mudah sekali dan tidak membutuhkan waktu berhari-hari.

Bagaimana Cara Daftar Layanan COD di PT. POS Indonesia?

  1. Pertama kalian diharuskan mengunduh aplikasi QPosin Aja dan Pos Giro Mobile di play.google.com atau Appstore atau bisa juga melalui web dari QPosin Aja yaitu qposinaja.posindonesia.co.id
  2. Setelah mengunduh, silakan mendaftar di aplikasi tersebut, isikan data diri kalian selengkap-lengkapnya dan sebenar-benarnya agar ketika penarikan saldo di kemudian hari tidak mengalami masalah.
  3. Setelah kalian mendaftar di aplikasi tersebut, hubungkan kedua aplikasi tersebut agar kalian bisa menggunakan layanan bayar di tempat atau COD tersebut.
  4. Upgrade akun Pos Giro Mobile anda menjadi reguler, datanglah ke customer service kantor Pos terdekat di kota anda. proses upgrade nya pun tidak membutuhkan waktu yang lama bahkan kurang dari 5 menit.
  5. Setelah itu langsung bisa menggunakan layanan tersebut. Lakukan seperti biasanya untuk proses pengiriman paket, akun kalian sudah bisa digunakan.

Selain 5 langkah untuk mendaftarkan layanan COD PT. POS Indonesia di atas, kita harus tahu beberapa poin penting yang harus dilakukan oleh kalian semua sebelum mengirimkan paket dengan layanan COD;

  1. Pastikan nama dan alamat penerima benar jangan sampai salah tulis, karena jika salah tulis paket anda mungkin akan balik lagi dan biaya pengiriman akan ditanggung oleh anda.
  2. Pastikan kode pengirim dan penerima sesuai dengan aplikasi Qposin aja, karena kode tersebut digunakan untuk mengirim uang ke rekening Pos Giro Mobile kalian.
  3. Pastikan juga kalian menulis nominal dengan benar, agar uang yang masuk ke rekening Pos Giro Mobile tidak kurang.
  4. Dalam pengiriman pastikan memiliki saldo di Pos Giro Mobile, karena dalam pengiriman diharuskan membayar biaya pengiriman terlebih dahulu, baru setelah barang tersebut diterima uang pembayaran tersebut akan ditransfer ke rekening Pos Giro Mobile sekaligus biaya kirimnya.
  5. Jika barang yang dikirim tidak diterima oleh penerima maka uang biaya kirim akan hangus atau hilang, sehingga jika mengirim paket harus berhati-hati dalam penulisan nama penerima, alamat penerima, bahkan jangan sampai anda ditipu oleh si penerima.
  6. Uang yang diberikan penerima kepada petugas pos akan masuk ke rekening Pos Giro Mobile biasanya 1 hari atau bahkan lebih setelah penerima menerima barangnya.

Saran saya ketika anda menjual barang dan transaksi nya menggunakan layanan bayar di tempat atau COD dari PT Pos Indonesia naikan harga anda minimal 2 Ribu rupiah karena dalam pengiriman tersebut anda akan dikenakan biaya admin.

Biaya admin tersebut mulai dari 1500 atau 1% dari nominal harga barang. 

Manfaat Menggunakan Layanan COD di PT. POS Indonesia

Jika kita banding-bandingkan, pengiriman POS Indonesia memang harganya tergolong lebih murah dibanding perusahanan ekspedisi milik swasta, harga yang terjangkau tersebut bisa melirik banyak sekali pelanggan untuk menggunakan POS saja. Oleh sebab itu, menggunakan jasa POS sebetulnya bisa memberikan manfaat kepada kita sebagai penjual online. Di antaranya adalah;

  1. Bisa menaikkan omset penjualan, hal ini disampaikan sendiri oleh sprinter yang sering mengambil paket di toko online saya. Bahwa banyak sekali toko-toko online yang menggunakan jasa COD PT. POS Indonesia, omsetnya menjadi naik. 
  2. Memudahkan pelanggan. Kemudahan ini bisa jadi karena tidak semua pembeli mempunyai rekening di bank. Jika ada, ada beberapa yang banknya berbeda dengan bank yang kita miliki, sehingga dikenakan biaya antarbank yang lumayan, sekitar 6.500/transaksi. Daripada bayar biaya admin lebih baik COD saja. 
  3. Menumbuhkan kepercayaan kepada calon pembeli. Hal ini sering menjadi pertanyaan pembeli. Daripada pembeli yang ingin bayar COD diarahkan ke marketplace, lebih baik kita layani sendiri. Lagi pula di marketplace juga kena biaya admin juga. 

Mungkin itu saja penjelasan bagaimana cara menggunakan layanan bayar di tempat atau COD dari PT Pos Indonesia, semoga bermanfaat ya… 

Kalau kalian punya toko online di media sosial dan marketplace, boleh lho share di kolom komentar. Saling dukung dan mendoakan ya…

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sukses Jual Hingga 20.000 Dimsum Perhari; Bisnis Baru Sasar Penggemar Korea

7 Agustus 2021 - 23:40 WIB

7 Tips Adab Bertamu dalam Islam yang Harus Diperhatikan

4 Agustus 2021 - 00:00 WIB

Raja irbil malik al muzaffar

Jenis Artikel Berdasarkan Ciri dan Fungsinya

9 Juni 2021 - 08:13 WIB

Strategi Jualan di WhatApp Business Secara Efektif

19 Oktober 2020 - 14:06 WIB

Trending di Dagang