Menu

Mode Gelap
 

Amalan · 24 Okt 2020 22:33 WIB ·

Amalan Sunnah Yang Dilakukan di Bulan Maulid


 maulid Perbesar

maulid

JIGANG.ID – Amalan bulan Maulid yang sunnah untuk dilakukan. Bulan Rabiul Awwal adalah bulan mulia sebab di bulan itu dilahirkannya manusia paling mulia yaitu Nabi Agung Muhammad Shallallahu alaihi Wasallam.

Amalan apa yang disunnahkan kepada umat Islam di bulan mulia bulan Maulid Rasulullah ini?

Secara teks yang jelas, memang tidak ditemukan ayat al-Qur’an maupun hadis yang secara khusus menyebutkan amalan-amalan yang sunnah dilakukan di bulan Rabiul Awwal.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan terdapat redaksi hadis-hadis yang mempunyai indikasi tentang amalan-amalan yang dianjurkan dilakukan di bulan Maulid.

Syaikh Abdul Hamid al-Quddus di dalam Kitab Kanzun Najah Wa Surur hlm. 130 menjelaskan bahwa terdapat 2 amalan yang sunnah dilakukan di bulan Maulid;

  1. Memperbanyak membaca shalawat kepada Baginda Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam
  2. Memperbanyak puasa

Di dalam kitab Afdhalus Shalawat disebutkan minimal 350 kali setiap hari.

Di dalam kitab Tuhfatul Muhtaj karya Ibnu Hajar al-Haitami menyebutkan memperbanyak puasa setiap bulan yaitu di hari-hari berikut; senin dan kamis, puasa 3 hari pada awal bulan qamariyah, dan puasa yaumul bidl (13, 14 dan 15 tiap bulan qamariyah), yaumu suth; tiga hari terakhir di tiap bulan qamariyah)

Kedua amalan di atas adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala yang telah menurunkan nabi akhir zaman yaitu Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Sebagaimana Nabi sendiri yang telah melakukan puasa di hari senin, ketika ditanya oleh salah satu sahabat, Nabi menjawab bahwa di hari senin adalah hari saya ketika dilahirkan, jadi sebagai bentuk rasa syukur dengan melakukan ketaatan dan beribadah kepada Allah ta’ala.

Hal ini, juga dijelaskan oleh Ibnu Hajar al-Atsqalani ketika berkaitan dengan puasa, melalui hadis riwayat Imam Bukhari ketika Rasulullah datang ke Madinah lalu menemukan orang-orang Yahudi berpuasa di hari Asyura lalu ditanya oleh Rasulullah alasan puasa.

Lalu orang Yahudi menjawa bahwa hari Asyura adalah bentuk syukur mereka karena di hari tersebut Nabi Musa telah diselamatkan. Kemudian Rasulullah memerintahkan juga kepada orang islam untuk berpuasa di hari Asyura karena orang Islam lebih berhak bagi orang Islam.

Dari hadis tersebut Ibnu Hajar al-Atsqalani mempunyai kesimpulan bahwa diperbolehkan untuk merayakan rasa syukur setiap tahun.

Semoga kita bisa melakukan amalan-amalan di atas, terutama membaca shalawat 350 kali setiap hari. Smeoga kelak kita semua mendapatkan syafaat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Disarikan dari video Youtube Gusrumchannel berjudul Amalan Di Bulan Maulid yang Sesuai Sunnah oleh Gus Rumaizijat.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

7 Keutamaan Surat al-Kahfi Saat Dibaca di Hari Jumat

14 Oktober 2021 - 22:35 WIB

3 Amalan Sunnah yang Bisa Kita Lakukan di Bulan Muharram

30 Juli 2021 - 12:49 WIB

Dalil Maulid Nabi

Baca Surat Al-Ikhlas Setiap Masuk Rumah Biar Rezekinya Lancar

13 Februari 2021 - 15:38 WIB

Puasa Bulan Rajab; Niat, Tata Cara dan Keutamaannya

7 Februari 2021 - 08:19 WIB

Shalawat Untuk Melunasi Hutang

14 November 2020 - 01:24 WIB

Membaca Doa Ini Bisa Memudahkan Setiap Pelajaran Yang Sulit

5 November 2020 - 01:04 WIB

Trending di Amalan